PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SAINTIFIK DAN KARAKTER PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Lidya, Novita and Yulfia, Nora and Darwianis, Darwianis (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SAINTIFIK DAN KARAKTER PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
33. LIDYA 1610013411047 Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasissaintifik dan karakter pada kelas V SD yang memenuhi kriteria yang valid danpraktis. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah modelpengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Kemudiandimodifikasi menjadi 3-D pendefinisian, perancangan dan pengembangan.Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumenpenelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dansiswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 5 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul berbasis saintifik dan karakter pada kelas V SD dihasilkanModul yang memenuhi kriteria Sangat Valid dengan persentase penilaian sebesar 93,75%, memenuhi kriteria Sangat Praktis dengan persentase 91,65%. Jadi,dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis saintifik dan karakter pada kelas V SD sudah valid dan praktis sehinggan dapat digunakan dalampembelajaran IPS di kelas V SD. Kata kunci: Modul IPS, Saintifik, Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:26
Last Modified: 16 Dec 2020 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item