PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DIKELAS IV SD NEGERI 03 PIOBANG KEC. PAYAKUMBUH

Yosanti, Vebriana and Rieke, Alyusfitri (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DIKELAS IV SD NEGERI 03 PIOBANG KEC. PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN-halaman.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuanpemecahan masalahsiswa di kelas IV SDN 03 Piobang Kec. Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Piobang Kec. Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I yaitu 60% berada pada kriteria (Cukup Baik) dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 91% berada pada kriteria (Baik). Nilai rata-rata pada lembar tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I rata-rata nilai 58 berada pada kriteria (Cukup) dan siklus II rata-rata nilai 80 berada pada kriteria (Baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audio visual dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model discovery learning berbantuan media audio visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, model discovery learning, media audio visual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:11
Last Modified: 05 Sep 2024 03:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item View Item