Chelsea, Olivia and Ashabul, Khairi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 22 MUARA KANDIS KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (278kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (43kB) |
|
Text
FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 22 Muara Kandis Kabupaten Pesisir Selatan, dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek berjumlah 13 orang siswa, yang dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dan diakhiri dengan tes di akhir masing-masing siklus. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan terdiri dari lembar obsevasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru dalam mengolah kelas pada siklus 1 diperoleh persentase 60% meningkat menjadi 90% pada siklus II dan peningkatan hasil belajar siswa dimana rata-rata hasil ulangan akhir siklus I 52,3 dengan ketuntasan 31% menjadi 74,2 dengan ketuntasan 92% di siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:25 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:25 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22166 |
Actions (login required)
View Item |