PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN BHINNEKA TUNGGAL IKA BERBASIS INQUIRY LEARNING

Erlina, Yuda Yani and MUSLIM, TAWAKAL (2024) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN BHINNEKA TUNGGAL IKA BERBASIS INQUIRY LEARNING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI ERLINA YUDA YANI (20-007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sebagai penelitian pengembangan Research and Development (R&D), penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Fase F Elemen Bhineka Tunggal Ika Berbasis Inquiry Learning yang valid dan efektif di SMK Negeri 2 Padang, yaitu dengan menggunakan model pengembangan 4-D dengan populasi pada peserta didik kelas XI yang terdiri dari 30 orang peserta didik. Rancangan penelitian adalah pretest, posttest control group design. Pada design ini terdapat dua kelompok yang terpilih yaitu pada fase F. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Kelas XI TKJ II merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan modul Pendidikan Pancasila berbasis Inquiry Learning. Kelas XI Akutansi II merupakan kelas kontrol dengan metode ceramah, berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 70,81% dengan kategori sangat efektif. N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 37,41% pada kategori kurang efektif. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan t hitung > t tabel dengan nilai t hitung 12,33 dan nilai t tabel sebesar 2,042 pada taraf nyata signifikan 0,025. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dimana penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Inquiry Learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di SMK Negeri 2 Padang. Kata Kunci: Elemen Bhinneka, Modul Pendidikan Pancasila, Model Inquiry Learning Fase F.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:30
Last Modified: 05 Sep 2024 07:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22201

Actions (login required)

View Item View Item