Pra Rancangan Pabrik Methyl Ester dengan Proses Transesterifikasi Minyak Sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Oil) dan Methanol dengan Kapasitas Produksi 100.000 Ton/Tahun

Muhammad Dwi, Guna and Ellyta, Sari (2024) Pra Rancangan Pabrik Methyl Ester dengan Proses Transesterifikasi Minyak Sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Oil) dan Methanol dengan Kapasitas Produksi 100.000 Ton/Tahun. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan dan Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Laju konsumsi BBM tersebut diikuti dengan semakin menurunnya produksi minyak bumi dalam negeri. Usaha-usaha untuk mencari dan mengembangkan sumber bahan bakar alternatif terus dilakukan. Salah satunya adalah methyl ester sebagai alternatif bahan bakar untuk mesin diesel. Methyl ester merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak yang dipakai sebagai alternatif bagi bahan bakar mesin diesel dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak sayur atau minyak hewan. Minyak nabati yang lazim digunakan dalam produksi methyl ester merupakan trigliserida yang mengandung asam oleat dan asam linoleat. Methyl ester merupakan kandidat yang paling dekat untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi transportasi utama dunia dikarenakan methyl ester merupakan bahan bakar terbarukan yang dapat menggantikan diesel petroleum di mesin sekarang ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Kimia
Depositing User: Teknik Kimia FTI
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:16
Last Modified: 05 Sep 2024 08:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item