PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 SURANTIH KABUPATEN PESISIR SELATAN

Tiara Silpiyani, Putri and Rieke, Alyusfitri (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 SURANTIH KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi i.pdf

Download (879kB)
[img] Text
skripsi ii.pdf

Download (301kB)
[img] Text
skripsi iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa memahami materi pembelajaran Matematika sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 24 Surantih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa 60% dan nilai rata-rata adalah 69,75. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa 80% dan nilai rata-rata 78,5. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 66,66%, sedangkan pada siklus II, persentase aktivitas guru 100%. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Surantih, berjalan dengan sangat baik. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika melalui Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Surantih dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together dapat dijadikan suatu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan proses pembelajaran matematika. Kata Kunci : Hasil Belajar, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:14
Last Modified: 06 Sep 2024 02:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22323

Actions (login required)

View Item View Item