Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning pada Materi Statistika untuk Siswa SMK Kelas X

Maisaroh, Maisaroh and syukma, netti (2024) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning pada Materi Statistika untuk Siswa SMK Kelas X. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
penutup.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Skripsi maisaroh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan proses pembelajaran masih menggunakan buku paket yang kurang mendorong siswa untuk memecahkan masalah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil jawaban siswa yang rendah dalam menyelesaikan soal ukuran pemusatan data. Maka peneliti mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis PBL pada materi statistika untuk siswa SMK kelas X. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning berdasarkan kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari seorang guru matematika SMK Negeri 10 Padang dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil.Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilaksanakan diperoleh hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase sebesar78,67% termasuk kriteria “valid”. Hasil validasi oleh ahli desain memperoleh persentase sebesar 80 %, termasuk dalam kriteria “ valid”. Kemudian untuk hasil kepraktisan E-LKPD dilihat dari hasil angket respon guru dan siswa dengan persentase penilaian adalah 87,5 % dan 91,73 % dengan kriteria “sangat praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan perlu dilakukannya lebih lanjut untuk menguji keefektifan E-LKPD tersebut karena pada penelitian ini hanya sampai uji coba terbatas skala kecil. Kata kunci : E-LKPD, Problem Based Learning, Statistika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:29
Last Modified: 06 Sep 2024 04:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22357

Actions (login required)

View Item View Item