PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 01 ULAK KARANG SELATAN

Mutiara, Ara and Ira, Rahmayuni Jusar (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, DAFTAR ISI, DAN BAB I.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 01 ULAK KARANG SELATAN Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika di kelas IV SDN 01 Ulak Karang Selatan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran STEAM (sains, technology, engineering, art, and mathematics) pada materi bangun datar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV C SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen dari penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 56,5% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,8%. Sedangkan hasil belajar Matematika siswa pada siklus I diperoleh rata-rata belajar siswa sebanyak 74 dengan persentase ketuntasan 33.3% dan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 87,3 dengan persentase ketuntasan sebanyak 95,8% Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model STEAM (sains, technology, engineering, art, and mathematics) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru menerapkan model STEAM (sains, technology, engineering, art, and mathematics), agar kedepannya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar, STEAM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:05
Last Modified: 06 Sep 2024 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22386

Actions (login required)

View Item View Item