UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS V SDN 165/III LOLO HILIR KABUPATEN KERINCI

Hurriyati, Hana Putri and Syafni, Gustina Sari (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS V SDN 165/III LOLO HILIR KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI (COVER-LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan percaya diri siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus yang melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Subjek dalam penelitian ini ada 16 orang siswa pada kelas V SDN 165/III Lolo Hilir Kabupaten Kerinci. Objek penelitian ini merupakan hasil belajar dan sikap percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Persentase aktivitas guru pada siklus I 76,38% meningkat pada siklus II menjadi 90,97%. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I 56,25% (9 orang siswa). Sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus II meningkat menjadi 81,25% (13 orang siswa). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada siklus I dengan persentase 62,5% meningkat pada siklus II dengan persentase 87,5%. Dengan demikian dapat dikatakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan percaya diri siswa pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:22
Last Modified: 06 Sep 2024 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22418

Actions (login required)

View Item View Item