PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONSIA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI PADANG

viona silva andri, viona silva andri and MARSIS, MARSIS (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONSIA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HAL PENGESAHAN,ABSTRAK VIONA SILVA ANDRI 20-134..pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI VIONA SILVA ANDRI 20-134..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan pembelajaran yang dalam penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan dan membuka dialog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 03 Alai Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental design. Dengan model problem based learning, Rahmad puput (2019:6) menyatakan rancangan Randomized Control Group Only Design, pada desain ini terdapat dua kelas yang dipilih secara random, kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Alai Padang dengan teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Nilai yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 79,1 sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata 78,8 Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis.Dari hasil penelitian, terlihat nilai sig (2-tailed)<0,05 (0,001 < 0,05). Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SDN 03 Alai Padang tahun ajaran 2023/2024 dengan uji normalitasnya dengan perolehan nilai signifikan kelompok A 0,49 > 0.05 dan kelompok B dengan nilai signifikan 0.187 > 0.05 maka dapat dikatakan bahwa data hasil belajar Bahasa Indonesia berdistribusi normal. Uji Homogenitas didapatkan nilai signifikan Based on mean 0,730 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa data hasil belajar Bahasa Indonesia berdistribusi Homogen. Dan nilai tes didapatkan nilai sig (2-tailed) = 0,001, sedangkan sig 0,05 dengan demikian kriteria H0 diterima apa bila nilai sig (2-tailed)<0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil tes akhir peserta didik, jika nilai thitung= 3,483 dan ttabel= 1,691 dengan dk= 34 (n1+n2 - 2 = 28+27-2 = 53 dengan catatan thitung > ttabel (3,483 > 1,691) maka H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:49
Last Modified: 09 Sep 2024 01:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item View Item