ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA KELAS IV SD NEGERI 18 BUNGO PASANG KOTA PADANG

Viona, Gumela and Susi, Herawati (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA KELAS IV SD NEGERI 18 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (769kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 October 2024.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan berdasarkan prosedur Newman, serta mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 18 Bungo Pasang yang berjumlah 24 siswa. Untuk mendapatkan data tentang penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan berdasarkan prosedur Newman, dipilih 3 siswa dengan kemampuan tinggi berdasarkan kriteria pengelompokan siswa untuk diwawancara. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes essay berupa soal cerita dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada kesalahan menyelesaikan soal cerita materi pecahan ditemukan, adanya subjek berkemampuan tinggi yang melakukan kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut, meliputi (1) siswa kurang tepat dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya karena tidak teliti saat menuliskan diketahui dan ditanya (2) tidak menuliskan rumus apa yang digunakan karena lupa dan tidak tahu rumus apa yang digunakan (3) kesalahan dalam perkalian dan pembagian pada saat proses perhitungan (4) lupa menulis kesimpulan jawaban akhir karena terburu-buru. Kata Kunci : Analisis Kesalahan Siswa, Pecahan, Prosedur Newman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:05
Last Modified: 09 Sep 2024 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22565

Actions (login required)

View Item View Item