PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI

Aulia, Rahmi Etika and Muslim, Muslim (2024) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar Siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VA SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan disetiap siklus. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VA SDN 06 Kampung Lapai yang berjumlah 27 Siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas Guru, observasi minat Siswa dan juga soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Siswa. Hal ini dapat terlihat melalui persentase observasi minat belajar Siswa pada siklus I sebesar 68% , lalu di siklus II meningkat sebesar 87,61% terjadi peningkatan yang cukup signifikan sebesar 19,61%. Berdasarkan tes hasil belajar Siswa persentase ketuntasan di siklus I sebesar 67,7% lalu meningkat pada siklus 2 menjadi sebesar 82,3% terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam tes hasil belajar yaitu sebesar 14,6%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VA di SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar Guru dapat menjadikan model problem based learning menjadi salah satu model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:14
Last Modified: 09 Sep 2024 02:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item View Item