Penerapan Model Pembelajaran Team Based Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan Di SMKN 6 Padang

Jihan, Suhaida and Ade Fitri Rahmadani, S.Pd., M.Pd.T, Ade (2024) Penerapan Model Pembelajaran Team Based Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan Di SMKN 6 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Daftar Isi, Pendahuluan.pdf

Download (560kB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Team Based Project dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan di SMKN 6 Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI TJKT di SMKN 6 Padang tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 50 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu TJKT 1 dan TJKT 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, perlakuan penelitian eksperimen membagi menjadi 2 kelas penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dijadikan kelas eksperimen adalah kelas XI TJKT 2 dengan jumlah peserta didik 26 orang dan kelas kontrol adalah XI TJKT 1 dengan jumlah peserta didik 24 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Team Based Project dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Based Project secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan. Peserta didik yang belajar dengan model ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan metode konvensional. Hal itu tergambar dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang tinggi 88,65 dibandingkan dengan kelas kontrol yang rata-rata 69,58. Selain itu, observasi aktivitas belajar menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran ketika menggunakan model Team Based Project. Dengan demikian, model pembelajaran Team Based Project direkomendasikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran yang menekankan pada pengembangan keterampilan praktis dan kolaboratif seperti Produk Kreatif Kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:46
Last Modified: 09 Sep 2024 01:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22616

Actions (login required)

View Item View Item