PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN Team Games Tournament KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG

Zico, Herlambang and Rona, Taula Sari (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN Team Games Tournament KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN atau PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran TGT di kelas V SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes di akhir siklus. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, dimana aktivitas guru siklus I dengan persentase 64,28% dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80,35% dengan kategori baik. Serta peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,97% dengan kategori baik, sementara rata-rata aktivitas siswa di siklus II adalah 87,64% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik dimana, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 19% dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 25% dengan menggunakan model TGT. Dapat disimpulkan penggunan model TGT dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:58
Last Modified: 10 Sep 2024 08:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22829

Actions (login required)

View Item View Item