PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN PENERAPAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) DI SDN 19 TALANG TAN SAIDI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Nala, Zulfia and Enjoni, Enjoni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN PENERAPAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) DI SDN 19 TALANG TAN SAIDI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (193kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman cover sampai lampiran) (3).pdf
Restricted to Repository staff only until 27 October 2024.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran SAVI di kelas V SD Negeri 19 Talang Tan Saidi. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan di lanjutkan dengan tes akhir siklus. Terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa penerapan model SAVI dapat meningkatkan aktivitas guru dan hasil belajar peserta didik, dimana aktivitas guru siklus I dengan presentase 65,6% dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87,4% dengan kategori sangat baik. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 16 orang siswa tuntas (55%), sedangkan yang tidak tuntas 13 orang siswa (45%). Pada siklus II presentase ketuntasan siswa sebanyak 21 orang siswa (72%), sedangkan yang tidak tuntas 8 orang siswa (28%). Dapat disimpulkan penggunaan model SAVI dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas guru dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:53
Last Modified: 10 Sep 2024 08:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22833

Actions (login required)

View Item View Item