UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD DALAM MATERI PERKALIAN MENGGUNAKAN WADAH DI ISI DI SD NEGERI 27 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG

Nadia, Faleni and Zulfa, Amrina (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD DALAM MATERI PERKALIAN MENGGUNAKAN WADAH DI ISI DI SD NEGERI 27 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER sampai bab 1 pendahuluan.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Skripsi Full Nadia Faleni_1910013411025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Negeri 27 Sungai Sapih. Dalam materi perkalian melalui bantuan alat peraga benda konkret. Media konkrit dengan metoda wadah diisi dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa pada saat pembelajaran dengan penggunaan media benda konkret pada pokok bahasan perkalian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diakhiri dengan pemberian tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A di SD negeri 27 sungai sapih Padang dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus satu 95 % meningkat menjadi 100% pada siklus dua. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus satu 54,17 %, dan meningkat pada siklus dua menjadi 91,67 %. Rata-rata hasil belajar pada siklus satu 7,27 dan meningkat pada siklus dua menjadi 8,19. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika materi perkalian meningkat dengan menggunakan media konkrit wadah diisi pada siswa kelas II SD Negeri 27 Sungai Sapih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:55
Last Modified: 11 Sep 2024 01:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22862

Actions (login required)

View Item View Item