Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 03 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota

ALFIFTHIO, MAGIT SANINDO and RISA, YULISNA (2024) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 03 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (757kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI OKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V, KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 03 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menurut Duch (dalam Shoimin, 2016:130) pengertian dari model problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya suatu permasalahan untuk para peserta didik berfikir dalam memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ini menggunakan teori Mill (dalam Mu’alimin, 2014:6) dengan tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa IV SDN 03 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Pada siklus I presentase skor yang diperoleh melalui guru yaitu, 68,31% dengan kategori Cukup dan pada siklus II presentase skor aktivitas guru meningkat menjadi 89,81% dengan kategori Sangat Baik. Rata-rata persentase pelaksanaan data aktivitas siswa siklus I mencapai 69,53% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 86,62 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 44,44 dengan rata-rata 67,22 dan meningkat pada Siklus II sebesar 83,33 dengan rata-rata 80 dengan rata-rata kenaikan sebesar 38,89%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:00
Last Modified: 11 Sep 2024 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item View Item