PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I SD NEGERI 32 KURANJI PADANG

Betrissia, Fransiska and Dr. Hendrizal. S.IP., M.Pd., Dr. Hendrizal. S.IP., M.Pd. (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I SD NEGERI 32 KURANJI PADANG. Diploma thesis, Universitas BungHatta.

[img] Text
file 1_Cover,-BAB 1 Betrissia Fransiska 20-206.pdf

Download (482kB)
[img] Text
file 2 BAB 5 SKRIPSI BETRISSIA FRANSISKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
file 3_FULL TEKS SKRIPSI BETRISSIA FRANSISKA 20-206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu permasalahan pada aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila yang belum terlaksana dengan optimal, sehingga berdampak kepada hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media gambar di kelas I. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar afektif merespons (A2) dari siklus I memperoleh rata-rata 65% meningkat pada siklus II menjadi 77%. Dan hasil pembelajaran kognitif dari siklus I memperoleh rata-rata 72,5% meningkat pada siklus II menjadi 82,70%. Dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas I SD Negeri 32 Kuranji Kota Padang. Saran dari penelitian ini, peneliti lain dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai referensi tambahan dalam menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media gambar dalam pembelajaran dan penelitian yang serupa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:06
Last Modified: 11 Sep 2024 07:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22892

Actions (login required)

View Item View Item