PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL INKUIRI PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK KELAS IV SD NEGERI 18 LUBUK ALUNG

VINI, DWI FORTUNA and Gusmaweti, Gusmaweti and Darwianis, Darwianis (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL INKUIRI PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK KELAS IV SD NEGERI 18 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
71. VINI 1610013411109 ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
71. VINI 1610013411109 COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
71. VINI 1610013411109 BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
71. VINI 1610013411109 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
71. VINI 1610013411109 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
71. VINI 1610013411109 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] Text
71. VINI 1610013411109 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
71. VINI 1610013411109 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis model inkuiri pada materi cahaya dan sifatnya untuk kelas IV SD Negeri 18 Lubuk Alung yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap 3-D ( Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori valid, yaitu dengan nilai validitas 92% oleh dosen ahli materi, nilai validitas 93% oleh dosen ahli bahasa, dan nilai validitas 82% oleh dosen ahli desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga dosen ahli yaitu 89% pada kategori valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 96%. Hal ini menujukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis model inkuiri pada materi cahaya dan sifatnya yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Kata Kunci : Modul IPA, Model Inkuiri, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jan 2021 07:34
Last Modified: 04 Jan 2021 07:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item