PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI

Fadila, Arbi’ Alfinnatussyifak and Wince, Hendri and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
76. Fadila 1610013411129 COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
76. Fadila 1610013411129 Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
76. Fadila 1610013411129 BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
76. Fadila 1610013411129 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
76. Fadila 1610013411129 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
76. Fadila 1610013411129 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
76. Fadila 1610013411129 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
76. Fadila 1610013411129 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai yang valid, jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop and disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 validator 1 dosen validator materi, 1 dosen validator bahasa, dan 1 dosen validator desain. Berdasarkan pengembangan modul pembelajaran IPA berbassis inkuiri untuk siswa kelas IV SD, validitas modul yang dilakukan dari aspek materi memperoleh penilaian 91%, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 98%, dan dari aspek desain memperoleh penilaian 86%. dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri memperoleh secara keseluruhan yaitu 92% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi sumber energi dan sumber energi alternatif memenuhi kriteria valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul IPA, Pendekatan inkuiri, pengembangan Modul

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jan 2021 07:49
Last Modified: 04 Jan 2021 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item View Item