PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TIPE M A M PADA TEMA 2 “SELALU BERHEMAT 1 ENERGI” UNTUK SISWA KELAS IV SD

Hafizah, Haqmi and Gusmaweti, Gusmaweti and Yulfia, Nora (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TIPE M A M PADA TEMA 2 “SELALU BERHEMAT 1 ENERGI” UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 COVER.pdf

Download (254kB)
[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
81. HAFIZAH 121003411139 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis make a match di kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran IPA berbasis make a match diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis make a match di kelas IV SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 88,5% dari segi kelayakan isi, bahasa dan desain. Modul yang dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 90,1%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis make a match pada tema 2 “Selalu Berhemat Energi” kelas IV SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Pengembangan modul, IPA, Make a match

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 01:49
Last Modified: 06 Jan 2021 01:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item