PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGI BANYAK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Siti, Aulia Rahmi and SUSI, HERAWATI and Arlina, Yuza (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGI BANYAK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
87. Siti 1610013411085 COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
87. Siti 1610013411085 ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
87. Siti 1610013411085 BAB I.pdf

Download (947kB)
[img] Text
87. Siti 1610013411085 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
87. Siti 1610013411085 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
87. Siti 1610013411085 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
87. Siti 1610013411085 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
87. Siti 1610013411085 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini difokuskan kepada kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan, dan melalui permasalahan itu siswa dapat menemukan suatu konsep. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika, sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir siswa yaitu Lembar Kerja Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan development . Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik, 1 orang ahli bahasa, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli isi. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 83,75%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD valid digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, pembelajaran matematika, discovery learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:29
Last Modified: 06 Jan 2021 02:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item View Item