Adhry, Dwinanda Aura and NURHARMI, NURHARMI and Hendrizal, Hendrizal (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DENGAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 09 PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
cover - BAB i.pdf Download (916kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan model Mind Mapping di kelas IV SDN 09 Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09 Patamuan, yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa, lembar observasi aspek guru dalam pembelajaran, tes hasil belajar ranah kognitif siswa, catatan lapangan, dan kamera. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa diperoleh rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I 68% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,75%. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 50% meningkat pada siklus II 85%. Berdasarkan hasil lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa, diperoleh persentase hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 68,7% meningkat menjadi 84,68% pada siklus II. Hal ini berarti pembelajaran PKn dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 09 Patamuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Mind Mapping dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:29 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24339 |
Actions (login required)
View Item |