PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASISRME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Elmarefia, Wirnaini and NINIWATI, NINIWATI and Arlina, Yuza (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASISRME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
93. ELMAREFIA 1610013411089 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Lembar Kerja Peserta Didik berbasis RME ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bangun datar. Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran bangun datar untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika untuk kelas II Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu, penelitian ini hanya sampai tahap vaidasi. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik mendapatkan penilaian sebesar 86,1% dan isi mendapatkan penilaian sebesar 80%, 1 orang ahli bahasa mendapatkan penilaian sebesar 90% dan 1 orang ahli tampilan mendapatkan penilaian sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis RME pada pembelajaran matematika untuk kelas II SD dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 83,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis RME pada pembelajaran matematika untuk kelas II Sekolah Dasar valid digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, pembelajaran matematika, realistic mathematics education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:55
Last Modified: 06 Jan 2021 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item