Alexs, Evert Kawilarang and Muhammad, Sahnan and Hendrizal, Hendrizal (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DENGAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 53 KAMPUNG JAMBAK KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER - BAB I.pdf Download (797kB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model Mind Mapping di kelas V SDN 53 Kampung Jambak, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 53 Kampung Jambak, yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi penilaian afektif siswa, tes hasil belajar siswa, catatan lapangan, dan kamera. Berdasarkan hasil lembar observasi kognitif siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase hasil belajar siswa pada siklus I 68,57% meningkat menjadi 83,09% pada siklus II. Hal tersebut menggambarkan bahwa telah tercapainya indikator keberhasilan hasil belajar siswa yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I 42,85% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,71%. Hal ini berarti pembelajaran IPS dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 53 Kampung Jambak. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Mind Mapping dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:44 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:44 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24341 |
Actions (login required)
View Item |