PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL GUIDED TEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 16 LUHAK NAN DUO PASAMAN BARAT

Cici, Zulfitri and Erman, Har and Yulfia, Nora (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL GUIDED TEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 16 LUHAK NAN DUO PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas menjawab pertanyaan, aktivitas berdiskusi, aktivitas membuat rangkuman dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SD Negeri 16 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 16 Luhak Nan Duo Pasaman Barat yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian aktivitas siswa pada indikator I yaitu aktif dalam menjawab pertanyaan 35,4% pada siklus I meningkat menjadi 85,4% pada siklus II. Pada indikator II yaitu aktivitas siswa dalam berdiskusi dari 33,3% pada siklus I meningkat menjadi 81,2% pada siklus II. Sedangkan pada indikator III yaitu membuat rangkuman dari 68,7% pada siklus I meningkat menjadi 93,7% pada siklus II. Selanjutnya hasil belajar aspek kognitif siswa diperoleh rata-rata persentase ketuntasan pada siklus I adalah 62,5% meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Guided Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini, guru dapat menggunakan model Guided Teachin untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:25
Last Modified: 06 Feb 2025 02:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24345

Actions (login required)

View Item View Item