PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SDN 15 SUNGAI LIMAU

Desnita, Desnita and NURHARMI, NURHARMI and Hendrizal, Hendrizal (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SDN 15 SUNGAI LIMAU. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (913kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan pendekatan CTL di kelas IV SDN 15 Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Sungai Limau, yang berjumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi afektif siswa, lembar observasi kegiatan pengajaran guru, tes hasil belajar siswa, catatan lapangan, dan kamera. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa pada siklus I yaitu rata-rata 63 dengan ketuntasan 56% meningkat menjadi 88% pada siklus II; ketuntasan hasil belajar sikap kerja sama siswa pada siklus I yaitu rata-rata 72 dengan ketuntasan 69% meningkat menjadi 81% pada siklus II; dan ketuntasan hasil belajar sikap bertanggung jawab siswa pada siklus I yaitu rata-rata 72 dengan ketuntasan 69% meningkat menjadi 81%. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini yaitu minimal 75% berhasil dicapai. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas IV di SDN 15 Sungai Limau pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Kata kunci: hasil belajar, IPS, CTL

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:56
Last Modified: 10 Feb 2025 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24350

Actions (login required)

View Item View Item