PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH DI SDN 21 KAPUH PESISIR SELATAN

Leni, Ratuna Ningsih and Pebriyenni, Pebriyenni and Wirnita, Eska (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH DI SDN 21 KAPUH PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya aktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN 21 Kapuh, Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran berlangsung, rendahnya aktivitas siswa dalam mendengarkan penyajian bahan, rendahnya aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan siswa baik secara lisan maupun tulisan, dan rendahnya aktivitas siswa dalam mengerjakan latihan dan membuat kesimpulan. Pada saat proses pembelajaran guru kurang menggunakan strategi yang bervariasi dan media pembelajaran. Hal ini juga berdampak pada hasil ujian MID semester 1 tahun ajaran 2013/2014 yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas V dalam menulis pertanyaan, menulis jawaban, dan membuat kesimpulan pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi index card match di SDN 21 Kapuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar obsrvasi aktivitas guru, dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa menulis pertanyaan dari 49,16% (siklus I) menjadi 65,38% (siklus II), terjadi peningkatan aktivitas siswa menulis jawaban dari 42,09% (siklus I) menjadi 65,38%, dan telah terjadi peningkatan aktivitas siswa membuat kesimpulan dari 36,87% (siklus I) menjadi 69,22% (siklus II). Dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran PKn kelas V di SDN 21 Kapuh dari siklus I ke siklus II pada aktivitas siswa menulis pertanyaan mengalami peningkatan 16,22%, pada aktivitas siswa menulis jawaban mengalami peningkatan 23,29%, dan pada aktivitas siswa membuat kesimpulan mengalami peningkatan 32,35%. Penggunaan strategi index card match dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V di SDN 21 Kapuh dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, PKn, Strategi Index Card Match

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:01
Last Modified: 05 Mar 2025 03:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24479

Actions (login required)

View Item View Item