PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI SDN 04 BAKIR TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

RACI, NOLIYANTRI and NURHARMI, NURHARMI and Hendrizal, Hendrizal (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI SDN 04 BAKIR TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (864kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN 04 Bakir Tapan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN 04 Bakir Tapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Bakir Tapan yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas guru, lembar penilaian ranah afektif siswa yaitu bekerjasama pada siklus I 49,99% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II, lembar penilaian ranah psikomotor yaitu bertanggungjawab pada siklus I 52,08% meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Hasil belajar ranah kognitif yaitu pemahaman siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I pemahaman siswa 58,33% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN 04 Bakir Tapan setelah menggunakan model Group Investigation. Kata kunci: PKn, Hasil Belajar, Group Investigation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Mar 2025 01:33
Last Modified: 13 Mar 2025 01:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24504

Actions (login required)

View Item View Item