PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 02 KAMPUNG MANGGIS PADANG PANJANG

Salmah, Sy and Erman, Har and Erwinsyah, Satria (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 02 KAMPUNG MANGGIS PADANG PANJANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA dengan Pendekatan Kontruktivisme di SDN 02 Kampung Manggis Kota Padang Panjang. Penelitian tindakan kelas dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan jumlah siswa 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat diketahui nilai rata-rata bahwa hasil belajar kognitif siswa pada tes akhir siklus dari persentase siswa yang tuntas 65% (13 0rang) pada siklus I meningkat menjadi 80% (16 orang) pada siklus II, dengan rata-rata 69,2 pada siklus 1 menjadi 84,5 siklus II. Hasil belajar siswa pada aspek afektif yaitu 27,5%, pada siklus I meningkat menjadi 77,5% pada di siklus II. Hasil belajar siswa pada aspek psikomotor yaitu 35% pada siklus I meningkat menjadi 72,5% pada siklus II. Dari hasil penelitiannya disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan pendekatan Kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 02 Kampung Manggis Kota Padang Panjang. Disarankan kepada guru dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan Kontruktivisme dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Hasil Belajar, Pendekatan Kontruktivisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2025 01:43
Last Modified: 17 Mar 2025 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24521

Actions (login required)

View Item View Item