PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL MODELING THE WAY DI SDN 29 ULAK KARANG UTARA KECAMATAN PADANG UTARA

Siska, Novita Sari and Dainur, Putri and Hidayati, Azkiya (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL MODELING THE WAY DI SDN 29 ULAK KARANG UTARA KECAMATAN PADANG UTARA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER -BAB I.pdf

Download (732kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara, disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dengan menggunakan model Modelling The Way di SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara. Teori yang dijadikan dalam mengamati data adalah teori membaca yang dikemukakan oleh Tarigan, sedangkan teori Istarani menjelaskan tentang model pembelajaran Modelling The Way. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Arikunto, dkk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan membaca siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, persentase kemampuan membaca siswa siklus I sebesar 68,27% meningkat pada siklus II menjadi 75,26%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Modelling The Way dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Model Modelling The Way, Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2025 01:57
Last Modified: 17 Mar 2025 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24523

Actions (login required)

View Item View Item