PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SDN 10 KOTO JUA PESISIR SELATAN

Sri, Ayumi and NURHARMI, NURHARMI and Syafni, Gustina Sari (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SDN 10 KOTO JUA PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn, serta guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kelas V SDN 10 Koto Jua. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016 di SDN 10 Koto Jua. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 10 Koto Jua yang berjumlah 18 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Instrumen penelitian berupa soal yang berbentuk objektif, esai dan lembaran observasi siswa dan aspek guru. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan persentase hasil belajar afektif siswa aspek kerjasama pada nilai rata-rata siklus I yaitu 66,67%, meningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Sedangkan aspek tanggung jawab nilai rata-rata siklus I yaitu 61,11%, meningkat menjadi 72,21% pada siklus II. Hasil belajar kognitif siswa aspek pengetahuan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 68.88 dengan ketuntasan siswa sebanyak 10 orang dengan persentase (55.56%) pada siklus I, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,22 dengan ketuntasan 15 orang dengan persentase (83,33%). Sedangakan hasil belajar aspek pemahaman nilai rata-rata kelas dari 65.55 dengan ketuntasan siswa sebanyak 7 orang dengan persentase (38.89%) pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata kelas 74.44 dengan ketuntasan 13 orang dengan persentase (72.22%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SDN 10 Koto Jua. Kata kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Pkn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2025 02:01
Last Modified: 17 Mar 2025 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24524

Actions (login required)

View Item View Item