Pengembangan Modul Pembelajaran IPS berbasis Course Review Horay pada tema 6 untuk kelas IV sekolah dasar

Putri, Ayupa sari and Darwianis, Darwianis and Pebriyenni, Pebriyenni (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran IPS berbasis Course Review Horay pada tema 6 untuk kelas IV sekolah dasar. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
119. PUTRI1610013411019 COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
119. PUTRI1610013411019 BAB IV.pdf

Download (956kB)

Abstract

Sekolah dasar sebagai fasilitas pendidikan bagi anak-anak mendapatkan pendidikan dasar. Proses pembelajaran pada dasarnya merupakan proses belajar dan mengajar yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Proses belajar mengajar akan senantiasa merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi, yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar, dengan siswa sebagai subjek pokoknya. Menurut UU RI No 20 Tahun 2003, pasal 1 ayat 19, kurikulum diartikan: “Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”. Permendikbud RI No 4 Tahun 2015 bagian yang mengatakan bahwa satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran berdasarkan yang telah ditetapkan pemerintah. Saat ini pendidikan di Indonesia menerapkan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dilaksanakan mulai tahun 2013. Salah satu ciri kurikulum 2013 adalah bersifat tematik pada level pendidikan dasar (SD). Untuk membantu pendidik dalam membuat modul berbasis Course Review Horay khususnya yaitu pada kelas IV tema 6, penulis terdorong untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan modul pembelajran IPS verbasis Course Review Horay pada Tema untuk Kelas IV Sekolah Dasar”. Dikembangkan dengan jenis penelitian pengembangan (Development Research) dengan model pengembangan 4-D (Define, design, develop, disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata validitas 99,70%. instrumen penilaian yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan persentase rata-rata kepraktisan 87,02% yang juga dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan sangat praktis dan dapat digunakan oleh sekolah sebagai acuan pembuatan instrumen untuk tema lainnya. Kata Kunci: Course Review Horay, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:54
Last Modified: 08 Jan 2021 07:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item