Natasya, Wahyu and Dr.Yofiza, Media,S.H.,M.H (2025) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENUMPANG TRANSPORTASI ANGKUTAN SEWA KHUSUS PADA GRAB DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
1. COVER SKRIPSI AFTER KOMPRE(1).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
4. SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI AFTER KOMPRE(1).pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
1 FULLTEKS SKRIPSI AFTER KOMPRE(3).pdf Download (4MB) |
Abstract
Transportasi Angkutan Sewa Khusus di era globalisasi ini sangat meningkat dan berkembang pesat sehingga meningkatnya kebutuhan masyarakat akan transportasi untuk berpergian. Salah satu perkembangan transportasi yang mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat di masa sekarang yaitu adanya layanan yang disediakan oleh perusahaan PT.Grab dengan jenis layanan yaitu GrabBike. Sejak masuknya Transportasi berbasi aplikasi ini di Indonesia ada beberapa kerugian dan keluhan yang dialami oleh penumpang selaku konsumen. Perlindungan hukum dibutuhkan untuk meminimalisir resiko pengguna terutama bagi penumpang pengguna layanan Transportasi Angkutan Sewa Khusus. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan jalan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12 Tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Di Gunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. Rumusan masalah : 1) Bagaimanakah Perlindungan Hukum terhadap penumpang Transportasi Angkutan Khusus PT.Grab cabang Padang, apabila terjadi kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh pengemudi? 2) Apa sajakah Kendala atau Tantangan PT.Grab cabang Padang dalam meningkatkan layanan terhadap penumpang? 3) Bagaimanakah Upaya PT.Grab cabang Padang untuk mengoptimalkan mutu layanan terhadap penumpang?. Jenis penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah 1) Perlindungan Hukum terhadap penumpang Transportasi Angkutan Khusus PT.Grab cabang Padang, apabila terjadi kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh pengemudi. 2) Kendala atau Tantangan PT.Grab cabang Padang dalam meningkatkan layanan terhadap penumpang. 3) Upaya PT.Grab cabang Padang untuk mengoptimalkan mutu layanan terhadap penumpang. Kata kunci : Perlindungan hukum, penumpang, Grab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 06:44 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 06:44 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |