Sasri, Yulianita and rona, taula Sari (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 19 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTARISI DAN BAB I PENDAHULUAN SASRI YULIANITA_PGSD_.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN SARAN , DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI SASRI YULIANITA_PGSD_21-183-72-75.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS_SKRIPSI COVER-LAMPIRAN SASRI YULIANITA_PGSD_21-183.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 19 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN Sasri Yulianita1 , Rona Taula Sari, S.Si, M.Pd.2 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: sasriyulianita6@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 19 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 19 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”nonequivalent control group design dan post test-only ”. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SDN 19 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Total Sumpling, dari hasil sampel yang telah dilakukan didapatkan hasil kelas IVA sebagai kelas Eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes, berupa pertanyaan objektif. Tes yang didapatkan berupa hasil belajar yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas ekperimen yaitu 83,2, untuk kelas kontrol dan 77,61. Hal ini dibutktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh. thitung 1,83 dan ttabel 1,68 ini artinya thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan penggunaan Media Poster Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN 19 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2024/2025. Saran kepada para guru agar bisa menggunakan media Poster sebagai alat yang efektif untuk menyampaikan informasi di kelas karena dengan menggunakan media tersebut akan mengedukasi siswa lebih aktif, sehingga suasana belajar mengajar lebih menarik dan menyenangkan serta tidak membosankan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:47 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:47 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |