PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 33 SAWAHAN KOTA PADANG

Dienda Putri, Rahmayani and Risa, Yulisna (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 33 SAWAHAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN, ABSTRAK , DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
FULL TEXT DIENDA PUTRI RAHMAYANI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Sawahan. Teori yang digunakan adalah model Problem Based Learning (PBL) oleh Adiilah & Haryanti (2023), dan teori yang digunakan pada hasil belajar oleh Dakhi (2020). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 33 Sawahan yang berjumlah 41 peserta didik, 21 peserta didik kelas IVA 20 peserta didik kelas IVC. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu sampel diambil dari faktor tertentu yaitu berdasarkan nilai Sumatif 2. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar bahasa indonesia. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar terdiri dari 25 soal. Hasil penelitian pada hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas IVC sebagai kelas eksperimen yaitu 84,4 dan pada kelas IVA sebagai kelas kontrol yaitu 71,61. Pengujian hipotesis dengan independent Samples t test diperoleh nilai signifikasi < 0,05 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05 . yang artinya hasil belajar Peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 33 Sawahan Padang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SD Negeri 33 Sawahan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:06
Last Modified: 21 Mar 2025 08:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item