Degia, Artika Putri and Rio, Rinaldi (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS IV MI NO 04/E.72 KECAMATAN KOTO BARU KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
BAB SIMPULAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (85kB) |
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN,PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI , BAB PENDAHULUAN.docx Download (1MB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa di kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI NO 04/E.72 Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Brainstorming. Teori yang digunakan dalam metode pembelajaran brainstorming dikemukakan oleh Sutikno (2019). Teori yang digunakan dalam keterampilan berbicara dikemukakan oleh Hermawan (2013). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NO 04/E.72 Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar aktivitas guru sebanyak 70% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 71% meningkat pada siklus II sebanyak 87%. Hasil aktivitas keterampilan berbicara siswa pada siklus I memperoleh nilai sebesar 35% dengan rata-rata 76,4 dan meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan rata-rata 84,4. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Brainstorming pada pembelajaran Bahasa Indonesia membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI NO 04/E.72 Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:20 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:20 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |