HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG

Ersa, Mayora and Ashabul, Khairi (2025) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i, cover, halaman pengesahan, halaman pernyataan, abstrak, , daftar isi, bab pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii, kesimpulan, saran, daftar pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
iii, fullteks skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Islam Khaira Ummah Padang, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah Padang dengan jumlah 109 siswa yang terdiri dari 27 siswa IV A, 27 siswa IV B, 27 siswa IV C dan 28 siswa IV D. Teknik pengambilan sampel dengan cara Simple Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup dari minat belajar menggunakan skala likert untuk hasil belajar diperoleh dari dokumentasi hasil ujian sumatif tengah semester ganjil 2024/2025. Teknik analisis yang digunakan merupakan korelasi product momen. Hasil penelitian dapat dilihat pada uji korelasi minat belajar sebesar 0.024 dengan sig 0.83 > 0,20 berada pada kriteria rendah dengan signifikansi tinggi.. Hal ini menunjukkan bahwa nilai r hitung > r tabel sehingga H1diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkam bahwa adanya hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPAS siswa Kelas IV SD Islam Khaira Ummah Padang. dengan pengaruh Koefisien determinasi minat belajar sebesar 2,4% berkontribusi terhadap hasil belajar (Y) IPAS siswa Kelas IV SD Islam Khaira Ummah Padang. untuk itu, perlu dilakukan upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah dengan meningkatkan rasa perasaan senang, perhatian dan ketertarikan serta keterlibatan yang cukup dalam proses belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:50
Last Modified: 24 Mar 2025 01:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25156

Actions (login required)

View Item View Item