PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 41 KAPUH KABUPATEN PESISIR SELATAN

FHAZILLA, FATHI NISSA and Wirnita, Eska (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 41 KAPUH KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN ,ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB V, KESIMPULAN,SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Full Teks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca masih rendah terhadap siswa IV SDN 41 Kapuh Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penelitian keterampilan membaca,dengan mengunakan model Take And Give kelas IV SDN 41 Kapuh Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca yang dikemukakan oleh Rahim (2008: 2), model Take And Give yang dikemukakan oleh Istarani (2011: 1). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi tindakan. Subjek penelitian yaitu kelas IV SDN 41 Kapuh Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 20 orang siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 75,9% dan siklus II 87% meningkat dengan persentase 81,45%. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan presentase 85%Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar aktivitas guru sebanyak 75,9% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 68,75%. Sedangkan rata –rata hasil belajar pada siklus II yaitu 85% dengan persentase meningkat. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 56% dengan persentase 45% dan rata-rata hasil hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 81,5% dengan persentase meningkat 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Take And Give dapat meningkatkan keterampilan membaca dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 41 Kapuh Kabupaten Pesisir Selatan Kata Kunci : keterampilan membaca siswa, Take And Give, siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:57
Last Modified: 24 Mar 2025 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25176

Actions (login required)

View Item View Item