PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 18 KINALI PASAMAN BARAT

Gheresia, Dita Rahmadani and Wirnita, Eska (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 18 KINALI PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB SIMPULAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (45kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN,PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas III SDN 18 Kinali Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 18 Kinali Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Eksperiment (Sugiyono 2007). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 18 Kinali Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Selanjutnya instrumen penelitian ini berupa tes uraian dengan jumlah 20 butir soal. Lalu, data hasil belajar tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t-test yang menggunakan taraf signifkan 0,05, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 44,81 dan kelas kontrol 67,11. Setelah diberikan perlakuan, nilai posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 75,96, sedangkan kelas control 85,77. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:19
Last Modified: 24 Mar 2025 02:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25192

Actions (login required)

View Item View Item