Aulia, Syahrinanda and Wirnita, Eska (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx Download (780kB) |
![]() |
Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (106kB) |
![]() |
Text
FULLTESK SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas II di SDN 54 Anak Air Padang yang ditandai dengan nilai sumatif yang belum mencapai standar ketuntasan. Siswa sering kesulitan dalam mengeja kata. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan peningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar di SDN 54 Anak Air Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 54 Anak Air Padang yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes kemampuan membaca permulaan siswa. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 77, 5% dan meningkat menjadi 93, 75% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata persentase pada siklus I sebesar 78, 84% meningkat menjadi 90, 38% di siklus II. Hasil tes membaca permulaan siswa pada siklus I sebesar 58, 33% dengan rata-rata 66, 25 dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 75% dengan rata-rata 83, 75 disebabkan siswa lebih aktif dan efektif dalam proses membaca permulaan secara individu dengan lisan, dibantu oleh media kartu kata bergambar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan membaca permulaan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media kartu kata bergambar pada siswa kelas II SDN 54 Anak Air Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:23 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:23 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |