PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 13 SEBERANG PADANG UTARA

Laura, Amelia and Ashabul, Khairi (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 13 SEBERANG PADANG UTARA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover, Halaman Pengesahan, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, Bab Pendahuluan.pdf

Download (728kB)
[img] Text
ii. Bab Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)
[img] Text
iii. Fullteks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik. Dalam proses pembelajaran guru masih mendominasi sehingga peserta didik tidak telibat aktif, menjadi pasif serta kurang berinisiatif untuk mengembangkan ide-ide yang ada dalam pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL terintegrasi STEM terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan teknik penentuan sampel menggunakan total sampling. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif. Diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,35 dan pada kelas kontrol yaitu 67,81. Pemerolehan data dianalisis uji hipotesisnya dengan uji independent sampel t-test. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa nilai signifikan 0,002 yang artinya nilai Sig (2-tailed) < 0,05. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL-STEM memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SDN 13 Seberang Padang Utara tahun ajaran 2024/2025. Pengunaan model PjBL terintegrasi STEM memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar IPA peserta didik sehingga diharapkan kepada guru agar dapat dijadikan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pelajaran kepada peserta didik. Kata kunci: Model PjBL, STEM, Hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:19
Last Modified: 24 Mar 2025 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25322

Actions (login required)

View Item View Item