PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SDN 90/III PELOMPEK KABUPATEN KERINCI

Sitri, Hani and Siska Angreni, Siska (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SDN 90/III PELOMPEK KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER BAB I SKIRPSI SITRI HANI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN SKRIPSI SITRI HANI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL SITRI HANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 90/III Pelompek Kabupaten Kerinci. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis model discovery learning kelas IV SDN 90/III Pelompek Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 90/II Pelompek Kabupaten Kerinci yang berjumlah 17 orang. Intrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru dan tes akhir kemampuan berfikir kritis. Berdasarkan analisis data yang diperoleh rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 71% meningkat pada siklus II 92% perolehan hasil ketuntasan kemampuan berfikir kritis siswa siklus I dengan rata-rata 68,9 persentase ketuntasan 59% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83,1 Dengan persentase 82%. Dari temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis model discovery learning dapat meningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 90/III pelompek kabupaten kerinci. Maka disarankan agar dapat menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbasis model discovery learning pada proses pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:22
Last Modified: 24 Mar 2025 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25328

Actions (login required)

View Item View Item