PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL PJBL KELAS V DI SDN 90/III PELOMPEK KABUPATEN KERINCI

dian, febrila and Siska, Angreni (2025) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL PJBL KELAS V DI SDN 90/III PELOMPEK KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN DIAN FEBRILA.pdf

Download (518kB)
[img] Text
COVER BAB I SKRIPSI DIAN FEBRILA (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI DIAN FEBRILA (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis model PJBL kelas V di SDN 90/III Pelompek Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini terdapat dua siklus, dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah 28 siswa kelas V B SDN 90/III Pelompek Kabupaten Kerinci. Intrumen Penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi kreativitas siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh rata-rata aktivitas guru sebesar 71% pada siklus I dan meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Nilai kreativitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, sesuai dengan pemeriksaan kreativitas siswa. Berdasarkan perolehan hasil persentase kemampuan kreativitas siswa 62% pada siklus I dan meningkat menjadi 87% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 90/III Pelompek Kabupaten Kerinci dapat menjadi lebih kreatif apabila pembelajaran IPA menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbasis model Project Based Learning. Dari temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di SDN 90/III Pelompek Kabupaten Kerinci. Maka Peneliti mengusulkan agar guru menerapkan pendekatan berdiferensiasi berbasis model Project Basid Learning pembelajaran berbasis proyek guna menumbuhkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:31
Last Modified: 24 Mar 2025 03:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25340

Actions (login required)

View Item View Item