Sari, Fatul Husna and Susi, Herawati (2025) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS (RME) BERBANTUAN MEDIA GELAS BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.docx Download (943kB) |
![]() |
Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (91kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME berbantuan media gelas berhitung pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control desaign”. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan yang berjumlah 90 orang siswa dimana terdapat 27 orang siswa di kelas IVA, 19 orang siswa dikelas IVB, 22 orang siswa dikelas IVC dan 22 orang siswa dikelas IVD. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dan anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk diambil menjadi sampel. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan kelas IVD sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Dari hasil tes ini dilakukan pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji-t berbantuan SPSS dengan hasil signifikansi 0,035. Karena nilai signifikasi 0,035 < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) berbantuan media gelas berhitung terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Tahun Ajaran 2025/2026. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, gunakanlah pemelihan penggunaan media pembelajaran yang beragam dan menarik yang sesuai dengan permasalahan siswa dalam kehidupan sehai-hari sehingga Pendekatan RME ini berdampak baik bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:01 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:01 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |