PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS V SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG

Mala, Sari and Gusnetti, Gusnetti and Siska, Angreni (2021) PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS V SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
6 MALA SARI 1310013411203 Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pembelajaran membaca perlu ditingkatkan karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, jika siswa disuruh untuk membaca oleh guru masih banyak juga siswa yang terbata-bata dalam membaca, serta kurangnya pemahaman tentang pelajaran yang dibaca tersebut karena kurangnya kemampuan membaca siswa. Keterampilan membaca siswa SDN 29 Ulak Karang Utara Padang masih belum maksimal. Teori pada penelitian ini adalah model pembelajaran jigsaw yang mengguankan teori Istarani Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Jigsaw terhadap hasil belajar membaca siswa kelas V SDN 29 Ulak Karang Utara Padang, dan mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan model Jigsaw dengan konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B dan V C dengan jumlah siswa 40 siswa. Penentuan kelas ekserimen dan kelas kontrol menggunakan secara random. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan dengan uji –t test dengan nilai sig 0,669 > 0,05 dengan nilai tertinggi eksperimen 95 dan nilai terendah 60, dan nilai rata-rata 74,25 sedangkan kelas kontrol dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60, dan nilai rata-rata 75,5 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci: Model Jigsaw dan Hasil Belajar Membaca Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:29
Last Modified: 21 Jan 2021 03:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item