Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV di SD Negeri 02 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX

Aufi, Dalyla and Ira, Rahmayuni Jusar (2025) Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV di SD Negeri 02 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (265kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV di SD Negeri 02 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV di SD Negeri 02 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitiannya menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 02 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX yang berjumlah 32 orang siswa Dimana terdapat 20 siswa kelas IV A, 12 siswa kelas IV B. Sampel diambil dengan cara Total sampling Teknik ini akan memberikan peluang atau kesempatan kepada seluruh populasi yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Hasil akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menunjukan rata - rata yaitu kelas eksperimen 83,41 dan kelas kontrol 76,52. Pengujian hipotesis dengan independent t test diperoleh nilai signifikasi < 0,05 dengan taraf signifikasi 0,003 yang artinya, terdapat pengaruh hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan model pembelajaran konvensional. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, gunakan masalah yang berbasis situasi nyata sesuai dengan pengalaman sehari-hari siswa SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:12
Last Modified: 24 Mar 2025 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25455

Actions (login required)

View Item View Item