PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN RODA PINTAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 47 KORONG GADANG

Ayu, Rusdiyana and Zulfa, Amrina and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN RODA PINTAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 47 KORONG GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
16 AYU RUSDIYANA 1510013411001 Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan roda pintar yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk pembelajaran matematika pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V SD Negeri 47 Korong Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg and Gall. Pada subjek uji coba produk penelitian ini adalah 6 siswa dan subjek uji coba pemakaian produk adalah 33 siswa kelas V SD Negeri 47 Korong Gadang. Objek pada penelitian pengembangan ini berupa media permainan roda pintar pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Uji validasi produk media roda pintar ini didasarkan pada hasil penilaian ahli media dan ahli materi. Uji praktikalitas media permainan roda pintar didasarkan pada hasil penilaian guru dan siswa kelas V SD Negeri 47 Korong Gadang. Uji efektifitas permainan roda pintar diperoleh dari tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data berupa destriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari pengembangan media permainan roda pintar dapat disimpulkan sebagai berikut:1) hasil uji validitas mendapatkan persentase 88,65% dengan kriteria valid, 2) hasil uji praktikalitas mendapatkan persentase 96,62% dengan kriteria sangat praktis, 3) uji efektifitas mendapatkan persentase 88,50% dengan kriteria baik sekali. Media roda pintar diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memberikan latihan pemahaman konsep. Kata kunci: penelitian pengembangan, pembelajaran matematika , permainan roda pintar matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:23
Last Modified: 22 Jan 2021 04:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item