Wafi, Anshary and Hidayati, Azkiya and Wirnita, Eska (2025) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FIKSI MENGGUNAKAN GAMBAR ANIMASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 20 DADOK TUNGGUL HITAM PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT WAFI ANSHARY 21-096.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks fiksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan menulis teks fiksi menggunakan gambar animasi pada siswa kelas IV di SDN 20 Dadok Tunggul Hitam Padang. Teori penelitian ini discovery learning tidak hanya membantu siswa memahami konsep, tetapi juga meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif mereka dan teori menulis teks fiksi dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan teori Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan Post-test. Metode discovery learning, yang dikenal sebagai pendekatan pembelajaran yang mengedepankan penemuan dan eksplorasi, diyakini dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa dalam menulis. Penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan metode discovery learning dengan jumblah siswa 24 orang dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan jumblah siswa 24 orang. Data dikumpulkan melalui tes menulis dan observasi, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas kontrol adalah 49,25 , sedangkan nilai kelas eksperimen meningkat menjadi 60,15. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,042<0,05, yang menunjukkan bahwa metode discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks fiksi. Dengan demikian, metode discovery learning dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran teks fiksi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:53 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:53 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |