Meci, Watul haria and Arlina, Yuza (2025) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas lll SDN 008/Xl Kota Sungai Penuh. Diploma thesis, Universitas Bung hatta.
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (63kB) |
![]() |
Text
COVER, HALAMAN DAFTAR ISI PGSD MECI.docx Download (1MB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI MECI.docx Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Kelas III SDN 008/XI Kota Sungai Penuh Meci Watul Haria1, Arlina Yuza1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : meciwhtlhri@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika Siswa kelas III SD Negeri 008/III Kota Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendestribusikan pengaruh model Problem Based Learning dengan Menggunakan Ice Breaking pada Pembelajaran matematika kelas l SD Negeri 008/XI Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design”. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas 3 SD Negeri 008/XI kota Sungai Penuh dengan Kelas III sebagai kelas Eksperimen kelas 3 sebagai kelas Kontrol. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang didapatkan melalui tes akhir dalam bentuk essay. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar Matematika Kelas 3 SD Negeri 008/XI Kota Sungai Penuh yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Ice Breaking Lebih baik dari pada hasil belajar yang menerapkan model Problem Based learning tampa menggunakan Ice Breaking. Hal ini dapat dibuktikan dengan Melihat hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 82,75 untuk kelas eskperimen dan 67,25 untuk kelas kontrol hal ini dibuktikan dari hasil uji-t hitung dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung =7,64 jadi, dapat disimpulkan thitung > ttabel 4,49 maka dapat disimpulkan penggaruh Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Ice Breaking Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SDN 008/XI Kota Sungai Penuh Tahun ajaran 2025/2026. Kata Kunci : Problem Based Learning, Ice Breaking hasil Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:59 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |